Senin, 20 November 2017
   
 
Home   |    About Us    |   Program  |    Berita  |    Jadwal Public Training  |    Daftar Klien  |    Testimoni  |    Galeri      |   In House Training    |   Kontak Kami   |    Download
 
 
 
 
13 October 2017
Apakah Anda Berharga Bagi Perusahaan?

Seringkali di perusahaan bergema sebuah ujaran “Karyawan Adalah Aset Terpenting Perusahaan”. Bahkan ujaran tersebut kini telah menjadi sebuah stigma yang hampir seluruh perusahaan baik di Indonesia maupun dunia meng-amin-kannya. Top management meyakini hal tersebut, slogan dalam bentuk tertulis sudah menempel di seluruh dinding perusahaan. Namun apakah Perusahaan telah memiliki Strategi dan Kebijakan yang menjadikan Aset Terpenting ini “Berharga”??

Ada beberapa indikasi jika perusahaan Anda sebenarnya tidak menjadikan karyawan sebagai aset terpenting dan berharga, antara lain:

1.      Turn over yang tinggi. Cukup musykil jika berharga namun tidak dijaga dengan baik. Kenyataan pahit ketika mendengar bahwa karyawan di sebuah perusahaan paling lama bekerja hanya 1,5 tahun, lalu dia mengundurkan diri. Cukup banyak perusahaan tidak menyadari jika ini adalah bencana, karena 8 dari 10 perusahaan bangkrut adalah dengan tingkat turn over karyawan yang tinggi. Penyebabnya bisa sangat beragam, namun ketidak puasan terhadap perusahaan adalah alasan tertinggi. ketidak puasan itu bisa karena alasan renumerasi, suasana lingkungan kerja, atasan yang buruk, lokasi, namun yang paling mengejutkan adalah ketidak puasan karyawan atas perlakuan perusahaan terdapat potensi dan kredibilitas mereka menempati alasan utama setiap pengunduran diri. Perusahaan hanya menjadikan karyawan seperti sapi perah tanpa pernah membedakan mana sapi yang susunya lebih banyak dan bagus dibanding lainnya.

 

2.      Minimnya Penghargaan dan Pengakuan. Karyawan adalah manusia, salah satu karakter dasarnya adalah senang akan Penghargaan dan Pengakuan. Lihatlah segera Perusahaan Anda dalam 5 tahun terakhir, berapa banyak karyawan yang telah mendapat Penghargaan dan Pengkuan dari Perusahaan? Jika tidak ada, maka ini adalah bencana. Penghargaan dan Pengakuan Perusahaan terdapat Prestasi dan Kredibilitas karyawan adalah sebuah Budaya dari 10 besar Perusahaan Kelas Dunia yang mampu bertahan selama 50 tahun sejak berdirinya. Bentuknya bisa apapun, namun keberadaannya sangatlah penting dan memberika efek luar biasa kepada karyawan. Motivasi bekerja, meningkatnya Produktivitas dan Kinerja serta Loyalitas adalah yang Perusahaan dapatkan dari Penghargaan dan Pengakuan yang diberikan. Setiap perusahaan punya strategi masing-masing dalam memberikan Penghargaan dan Pengakuan terhadap karyawannya, lebih-lebih yang berprestasi. Beberapa bentuknya adalah Promosi, Bonus, Kenaikan Renumerasi, Liburan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi, dll. Bahkan yang disebut dengan Family Gathering yang memadukan acara senang-senang yang dikombinasikan dengan pelatihan dan oubound itu adalah salah satu bentuknya lho. Anda pernah mendapat salah satunya??

 

 

3.      Stagnasi